https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kupu-kupu Tailed Jay (Graphium agamemnon)

Selasa, 23 Februari 2021

Nama Hewan: Tailed jay
Nama ilmiah: Graphium agamemnon




Deskripsi Graphium agamemnon

Graphium Agamemnon adalah spesies kupu-kupu yang mudah ditemui dan tidak termasuk dalam.golongan terancam punah. Kupu-kupu ini berasal dari Nepal, India, Sri Lanka melalui Asia Tenggara dan Australia. Graphium agamemnon merupakan kupu-kupu tropis dan salah satu spesies dari family Papilionidae. 

Graphium Agamemnon merupakan kupu-kupu paling diminati karena keindahan warnanya. Kupu-kupu Graphium agamemnon mempunyai warna dasar hitam dengan bercak hijau di permukaan sayapnya. Pada bagian discal sayap atas terdapat bercak hijau yang tersusun rapi menyerupai pita. Vena keempat pada sayap belakang tumbuh memanjang menyerupai ekor. 

Graphium Agamemnon  aktif sepanjang tahun tetapi puncak populasinya tergantung pada musim hujan setempat dan ketersediaan tanaman inang larva. Kupu-kupu Graphium Agamemnon umumnya terbang di antara puncak pohon tetapi turun ke permukaan tanah untuk mencari bunga atau tanaman inang. Karena siklus hidupnya yang relatif cepat (hanya lebih dari satu bulan dari telur hingga dewasa), Graphium Agamemnon bersifat multivoltin (organisme yang memiliki lebih dari dua induk atau generasi per tahun) dan dapat menghasilkan hingga tujuh atau delapan induk per tahun.

Manfaat

Kupu-kupu berperan dalam ekosistem lingkungan, yaitu sebagai hewan penyerbuk tanaman atau biasa disebut sebagai hewan polinator.

Kupu-kupu juga berperan sebagai bio infikator lingkungan. Kupu-kupu dengan warna cerah mengindikasikan jika lingkungan tersebut asri, sedangkan kupu-kupu dengan warna gelap mengindikasikan jika lingkungan tersebut tercemar.

Habitat Graphium agamemnon

Dulunya Graphium Agamemnon ditemukan terutama di dekat hutan dengan curah hujan yang cukup tinggi, Graphium Agememnon sekarang sangat umum ditemui oleh manusia, hidup di dataran rendah dan sering terlihat di taman dan daerah perkotaan karena tanaman makanannya, Polyalthia longifolia (pohon glodokan atau glodokan tiang), sedang banyak digunakan sebagai pohon hias.

Cara Berkembang biak

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. kupu-kupu melewati daur hidup yang dikenal metamorfosis atau perubahan bentuk lengkap. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, ulat, kepompong, dan imago. 

Jenis Makanan Graphium agamemnon

Pada dasarnya kupu-kupu hanya meminum nutrisi dari berbagai sumber. Kupu-kupu menggunakan organ yang mirip belalai  di mulutnya yang disebut degan proboscis untuk menghisap makanannya. Pakan kupu-kupu adalah sebuk sari dan nektar, buah busuk, kotoran hewan, mineral dan keringat.

Tanaman inang fase ulat Graphium agamemnon antara lain sirih hutan (Piper aduncum), cempaka (Michelia champaca), sirsak (Annona muricata), alpukat (Persea americana), glodokan (Polyalthia longifolia), dan srikaya (Annona squamosa).

Katagori

Kupu-kupu

Klasifikasi Ilmiah Graphium agamemnon

Kerajaan : Animalia   

Filum : Arthropoda

Kelas : Insecta

Ordo : Lepidoptera

Famili : Papilionidae

Genus : Graphium

Spesies : Graphium agamemnon


Author

Admin NUS