https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Bunga Telang (Clitoria ternatea)

Jumat, 19 Februari 2021

Nama Tanaman: Bunga Telang 

Nama Ilmiah: Clitoria ternatea



Deskripsi Bunga telang

Bunga telang dalam bahasa inggris disebut sebagai Butterfly pea, karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu memiliki nama latin Clitoria ternatea. Bunga ini diyakini berasal dari Amerika Selatan bagian tengah yang menyebar ke daerah tropik sejak abad 19, terutama ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tanaman merambat yang biasanya banyak ditemukan di kebun atau tumbuh secara liar. Namun, belakangan ini banyak yang menanamnya sebagai tanaman hias. Bunga ini memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea. Terdiri atas tiga warna, yaitu biru, putih, dan ungu.
Bunga telang merupakan tanaman leguminosa yang berasal dari suku polong-polongan (Fabiaceae), dimana cirinya adalah punya bintil akar yang dapat menyuburkan tanah. Pertumbuhan bunga telang terbaik di bawah sinar matahari penuh. Habitat bunga telang adalah tumbuhan tropika dataran rendah lembab dan agak lembab.
kembang telang secara morfologi merupakan tanaman berbentuk perdu tahunan yang memiliki perakaran yang dalam dan berkayu, batang agak menanjak atau tegak dan memanjat dengan tinggi antara 20 - 90 cm, berbulu halus, berdaun tiga sampai lima, anak daun berbentuk lonjong, permukaan atas tidak berbulu dan permukaan bawah dengan bulu yang tersebar, pembungaan tandan di ketiak dengan 1 - 2 bunga, panjang tangkai daun hingga 4 cm, kelopak daun berwarna ungu hingga hamper putih, buah polong berbentuk memintal lonjong , tidak berbulu, berbiji 3 - 7, katup cembung, biji bundar hingga bulat telur, berwarna kecoklatan.
Kembang telang disukai oleh kupu-kupu Appias untuk berteduh dan bersembunyi.

Manfaat Bunga telang

1. Pewarna alami
2. Membantu mencegah obesitas
3. Membantu mencegah diabetes
4. Membantu mencegah kerusakan hati
5. Mengatasi gangguan pada mata
6. Meredakan batuk dan asma
7. Antioksidan
8. Pakan ternak

Habitat

Habitat bunga telang adalah tumbuhan tropika dataran rendah lembab dan agak lembab. Bunga telang dapat beradaptasi dengan baik pada kisaran tanah berpasir maupun tanah liat, tahan terhadap kekeringan, salinitas dan mampu berkompetisi dengan baik terhadap gulma.

Syarat tumbuh

Bunga telang dapat tumbuh optimal serta dapat beradaptasi dengan baik pada kondisi tanah berpasir, tahan terhadap kekeringan dengan curah hujan 500-900 mm per tahun dengan pH tanah 5-8. Pertumbuhan bunga telang terbaik di bawah sinar matahari penuh.

Fungsi

Pendukung

Katagori

perennial 

Klasifikasi Ilmiah Bunga telang

Kerajaan : Plantae
Divisi :  Magnoliophyta
Kelas :  Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili :  Fabaceae
Genus :  Clitoria
Spesies : Clitoria Ternatea


Author

Admin NUS