https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Bunga Tasbih (Canna Indica)

Rabu, 17 Februari 2021

Nama Tanaman: Bunga Tasbih  

Nama Ilmiah: Canna Indica



Deskripsi Bunga Tasbih

Bunga tasbih adalah tanaman yang tergolong tanaman luar dengan nama latin Canna lily. Sebagai tanaman hias dia sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pembatas pagar, mirip seperti pohon pisang-pisangan. Tumbuhan ini tumbuh besar, tegak, dengan tinggi mencapai dua meter. 
Tanaman yang termasuk pada umbi-umbian ini memiliki sistem perakaran yang berupa Adix Adventicia atau biasanya lebih dikenal dengan sebutan sebagai sistem perakaran serabut. Selain itu, tanaman bunga tasbih ini menyediakan akar yang berbentuk akar rimpang.
Sistem percabangan tanaman bunga tasbih berupa percabangan monodia. Batang tanaman bunga tasbih memiliki warna yang hijau. Batanya terbuat dari pelepah daun dan saling menutupi antara satu dengan yang lainnya. Batang yang dimiliki oleh tanaman bunga tasbih termasuk pada batang yang memiliki daging. Batangnya juga mengandung air atau herbaceous.
Daun tanaman bunga tasbih ini menjadi salah satu daun yang berbentuk seperti oval dan di ujungnya terlihat seperti meruncing. Daun yang berbentuk elips ini memiliki pangkal daun yang meruncing dan memanjang serta lebar. Ukuran panjang yang dimiliki oleh daun tanaman bunga tasbih ini mencapai 15 hingga sampai dengan 60 cm dengan lebar yang sekitaran 7 hingga 20 cm.
Bunga pada tanaman bunga tasbih memiliki beragam warna mulai dari merah hingga merah mudah dan warna kuning yang telah tersusun pada suatu bentuk tandan. Bunga tanaman ini termasuk pada bunga yang berbentuk majemuk dan biseksual. Bunganya akan muncul tepat di bagian ujung batang tanaman ini. Di taman kupu-kupu sukardi bunga tasbih memiliki dua warna yaitu merah dan kuning. 

Pada bagian luar dari buah tanaman bunga tasbih ini akan terlihat duri lunak. Hanya saja diketahui oleh anda bahwa tanaman bunga tasbih ini memiliki buah yang yang terdiri dari biji-biji kecil yang berkisaran 4 hingga sampai dengan 5 per buahnya. Pada umumnya, ciri-ciri buah dari tanaman bunga tasbih ini memiliki bentuk yang bulat lonjong atau bulat seperti telur.

Manfaat Bunga Tasbih

1. Mengobati sakit kuning 
2. Mengobati batuk berdarah
3. Menghentikan pendarahan
4. Penurun panas
5. Mengobati hipertensi

Habitat Bunga Tasbih

Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan dan pegunungan walau tak jarang dijadikan tanaman hias di pekarangan dan taman kota, karena memiliki bunga yang mempesona.  Sebagai tanaman hias dia sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pembatas pagar, mirip seperti pohon pisang-pisangan.

Syarat tumbuh

Bunga kana atau bunga tasbih berasal dari daerah tropis benua Amerika. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut.

Fungsi

Pendukung dan nektar    

Katagori

Annual

Klasifikasi Ilmiah Bunga Tasbih

Kerajaan : Plantae
Divisi       :  Magnoliophyta
Kelas       :  Liliopsidas
Ordo        : Zingiberals
Famili       :  canaceae 
Genus       :  Canna
Spesies     : Canna  Indica




Author

Admin NUS