https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Bunga Pagoda (Clerodendrum Japonicum)

Minggu, 21 Februari 2021

Nama Tanaman: Bunga Pagoda  
Nama Ilmiah: Clerodendrum japonicum



Deskripsi Bunga Pagoda

Tanaman bunga pagoda (Clerodendrum japonicum) adalah salah satu spesies dari familia Verbenaceae dan bunganya memiliki rasa yang manis. Tanaman hias ini biasa dikembangkan di taman, pekarangan rumah, atau di tepi jalan di daerah perkotaan. Bunga pagoda memiliki banyak nama daerah seperti Tumbak raja (Bali), singgugu (Sunda), srigunggu (Jawa), tinjau handak (lampung), punggur tosek (Madura). Dalam bahasa asing tanaman ini dikenal dengan Pagoda flower (Inggris) dan Bai jek hong atau He bao hua (Cina).

Secara morfologi, bunga pagoda memiliki batang yang dipenuhi rambut halus, berdaun tunggal, bertangkai, berbuah bulat, dan terletak berhadapan. Helaian daunnya berbentuk bulat telur melebar dengan pangkal daun seperti jantung dan panjangnya dapat mencapai 30 sentimeter. Bunga pagoda dapat diperbanyak dengan menanam bijinya. Karakteristik bunga berbentuk majemuk berwarna merah, terdiri dari bunga kecil-kecil yang berkumpul membentuk piramid, dan keluar dari ujung tangkai.

Bunga pagoda sangat disukai oleh kupu-kupu, termasuk kupu-kupu langka yang dilindungi seperti keluarga Kupu0kupu Raja (Troides sp).

Manfaat Bunga Pagoda

1. Mengobati wasir berdarah

2. Mengobati susah Tidur

3. Mengobati bisul dan koreng

4. Antiradang 

5. Mengobati rematik 

Habitat

Habitat bunga pagoda Tumbuh di pekarangan rumah atau di tepi jalan dataran rendah dan tinggi.

Syarat tumbuh

Di Indonesia, jenis ini tumbuh di tanah yang kaya humus dan cukup air. Sinar matahari yang cukup sangat membantu pertumbuhan yang optimal.

Fungsi

Nektar dan Inang    

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Bunga Pagoda

Kerajaan : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Sapindales

Famili : Rutaceae

Genus : Cleordendrum

Spesies : Clerodendrum  Japonicum  



Author

Admin NUS