https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Bunga Nusa Indah (Mussaenda pubescens)

Selasa, 16 Februari 2021

Nama Tanaman: Bunga Nusa Indah 

Nama Ilmiah: Mussaenda pubescens



Deskripsi Bunga Nusa Indah

Tanaman Nusa indah memiliki nama ilmiah Mussaenda pubescens . Orang Melayu Sumatera menyebut tumbuhan ini Daun Putri dan Nusa Indah. Asal usul bunga nusa indah berasal dari Kongo dan termasuk famili Rubiaceae yang tergolong tanaman perdu. Bunga nusa indah putih (Mussaenda pubescens) kerap dijumpai di halaman muka rumah yang fungsinya mempercantik tampilan rumah tersebut.

Secara morfologi, batang Mussaenda tegak dan dapat mencapai tinggi sekitar 2-8 meter. Bunga ini mempunyai daun tunggal saling berhadapan, memanjang sekira 1-3 sentimeter dan bebulu. Tangkainya berbentuk bulat dengan percabangan rapat, permukaan batang kasar, dan berwarna cokelat. Akar nusa indah serabut dan berwarna putih kekuningan. Selain berwarna hijau kemerahan, helaian daun nusa indah berbentuk oval atau lonjong, berujung dan berpangkal runcing serta bertepi rata. Pertulangan daunnya menyirip dengan panjang 8-15 cm, lebar 4-8 cm, dan mempunyai permukaan berbulu.

Bunga ini merupakan bunga hermaprodit yang mempunyai susunan bunga majemuk, di ujung cabang atau batang, bentuk malai, kelopak semu bentuk oval, ukuran seperti daun, dasar mahkota bentuk tabung, ujung lepas, 4 helai, warna oranye, permukaan berbulu. Bunga jantan dari tanaman bunga nusa indah ini akan berubah menjadi buah yang bentuknya bulat panjang yang memiliki paruh di ujungnya.

Manfaat Bunga Nusa Indah

1. Mengobati demam

2. Mengobati radang tenggorokan

3. Mengobati radang amandel

4. Mengobati radang usus

5. Mengobati radang ginjal

6. Mengbati keracunan makanan

Habitat Bunga Nusa Indah

Tanaman Nusa Indah tumbuh liar di lereng bukit, semak-belukar, dan biasanya dipelihara sebagai tanaman hias. 

Syarat Iklim Bunga Nusa Indah

Tanaman Nusa Indah dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi atau pada ketinggian 1 meter hingga 1.700 meter di atas permukaan laut. Dapat berbunga pada musim panas dan pemanenan dapat dilakukan sepanjang tahun.

Fungsi

Nektar dan Inang

Katagori

Paraneal

Klasifikasi Ilmiah Bunga Nusa Indah

Kerajaan : Plantae

Divisi :  Tracheophyta

Kelas :  Magnoliopsida

Ordo : Gentianales

Famili :  Rubiaceae

Genus :  Mussaenda

Spesies : Mussaenda Pubescens  



Author

Admin NUS