https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Bunga Batavia, si jarak Hias

Jumat, 12 Februari 2021

Nama Tanaman: Batavia
Nama Ilmiah: Jatropha integerrima


Deskripsi Batavia

Bunga batavia (Jatropha integerrima) atau dikenal juga sebagai jarak hias. Merupakan tanaman hias hasil okulasi batang dengan tanaman jarak pagar. Teknik okulasi dilakukan agar batang akar lebih kuat.
Tanaman batavia dikenal umum dengan nama peregrina atau spicy jatropha, adalah tumbuhan semak dari spesies tumbuhan berbunga majemuk dalam keluarga euphorbia, Euphorbiaceae, yang berasal dari Cuba dan Hispaniola. memiliki batang yang ramping, dengan ketinggian pohon tidak terlalu tinggi. Bentuk daunnya cukup bervariasi, ada yang bulat memanjang dan ada pula yang oval, berbentuk seperti biola, bahkan ada yang ujung daunnya meruncing.
Peregrina memiliki batang yang ramping, dengan ketinggian pohon tidak terlalu tinggi. Bentuk daunnya cukup bervariasi, ada yang bulat memanjang dan ada pula yang oval, berbentuk seperti biola, bahkan ada yang ujung daunnya meruncing. Daun yang masih muda berwarna seperti tembaga dan agak kecoklatan di sisi bawahnya.
Bunganya termasuk ke dalam golongan multi-cluster atau berkelompok, berbentuk seperti bintang dan memiliki warna merah hingga merah cerah. Bunga tanaman ini merupakan tanaman yang sangat disukai oleh berbagai jenis kupu-kupu dan burung kolibri.

Manfaat Batavia

1. Tanaman hias
2. Mengurangi polusi di ruangan

Habitat

Tanaman Ini umumnya ditemukan di sebagian besar Asia, terutama di Cina daratan, Taiwan, Vietnam dan Thailand.  Di Amerika Serikat, lengkeng ditanam di Florida, Texas, Nevada, Georgia, California, Hawaii, dan Arizona. Mereka juga ditanam di Australia, di sepanjang pantai timur

Syarat tumbuh

Tanaman Batavia tidak dapat tumbuh terlalu tinggi. Tanaman ini akan dapat tumbuh dengan baik apabila ditanam di tempat yang cukup banyak mendapat sinar matahari. Rekomendasi dataran dan kondisi tempat tumbuh optimal: dataran rendah / iklim panas / suhu 30-35°C

Fungsi

Nektar    

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Batavia

Kerajaan : Plantae
Divisi :  Magnoliophyta
Kelas :  Magnoliopsida
Ordo : Euphorbiales
Famili :  Euphorbiaceae
Genus :  Jatropha
Spesies : Jatropha  Integerrima

Author

Admin NUS