https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman Ara sungsang (Asystasia gangetica L)

Rabu, 24 Februari 2021

Nama Tanaman: Ara sungsang

Nama Ilmiah: Asystasia gangetica L




Deskripsi Ara sungsang

Ara Sungsang memiliki Nama Ilmiah Asystasia gangetica L, merupakan gulma yang mudah ditemui di perkarangan rumah, tepi jalan, kebun, dan lapangan terbuka. Tumbuhan ini berasal dari Afrika. Selain disebut Ara Sungsang, tanaman ini memiliki nama lain yaitu Rumput Israel, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan Chinese violet.

Akar Ara sungsang tumbuh dari cabang dengan sistem perakaran tunggang, bercabang kecil dan terdapat bulu-bulu akar, akar berwarna putih kecoklatan. Ara sungsang memiliki batang lunak, berbentuk persegi memanjang, berwarna hijau kecoklatan dan dapat tumbuh dalam keadaan yang kurang baik. Ara Sungsa memiliki daun saling berhadapan, berbentuk bulat panjang, pangkal daun bulat dengan ujung runcing, pertulangan daun menyirip dilengkapi tangkai dan berwarna hijau. Bunga Ara sungsang tersusun rapat dalam tandan seperti bulir, mahkota berwarna putih dan berwarna keungu-unguan, kelopak bunga menutupi ovary. Polong Ara sungsang berbentuk kotak dengan panjang 2-3 cm, dalam satu polong terdapat biji berjumlah kurang lebih 4 biji. Buah yang belum masak berwarna hijau dan setelah buah masak akan berwarna coklat. Biji Ara sungsang berukuran kecil dan ringan berwarna coklat kehitaman sehingga mudah terbawa oleh angin, dan tumbuh dengan penyebaran yang luas.

Daun Ara Sungsang disukai oleh kupu-kupu Daun musim gugur (Doleschalia Bisaltide) sebagai tanaman inang fase ulat. Toples untuk ulat Doleschalia biasa kami isi dengan daun ara sungsang.

Manfaat Ara sungsang

  1. Mengobati asma
  2. Mengobati reumatik
  3. Mengobati batuk kering
  4. Mengobati gangguan pencernaan
  5. Anti inflamasi, 
  6. Anti hipertensi
  7. Antiviral dengue.
  8. Memiliki reaksi yang baik terhadap hypoglucemic dan hypolipidemic

Habitat

Tumbuhan Ara sungsang banyak terdapat di tepi-tepi jalan, belukar dan ladang. Habitatnya menjalar dan menguasai tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitarnya.

Syarat tumbuh

Ara sungsang dapat tumbuh dengan baik pada berbagai tingkat ketinggian tempat. Tumbuhan ini sangat berkopetitif dan membutuhkan unsur hara tinggi terutama N dan P. 

Fungsi

Inang

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah Ara Sungsang

Kerajaan : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Scrophulariales
Famili : Acanthaceae
Genus : Asystasia
Spesies : Asystasia Gangetica


Author

Admin NUS