https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Air Mata Penganti (Antigonon leptopus)

Kamis, 11 Februari 2021

Nama Tanaman: Air Mata Penganti  

Nama Ilmiah: Antigonon leptopus Hook & Arn



Deskripsi Air Mata Pengantin

Bunga air mata pengantin adalah tumbuhan merambat (liana) yang berasal dari Meksiko dan menyebar ke berbagai belahan dunia sebagai tanaman hias. Air mata pengantin atau nama ilmiahnya Antigonon leptopus merupakan tanaman merambat yang tumbuh dengan cepat yang bertahan melalui sulur, dan mampu mencapai panjang 25 kaki atau lebih Ini memiliki tali pusat (berbentuk hati), kadang-kadang daun segitiga sepanjang 2½ sampai 7 ½ cm. 
Batang air mata pengantin berusuk dengan panjang tiap rusuk sekitar 3-6 cm. Batang tersebut memiliki bulu-buluhalus serta ruas rusuk yang menggembung. Pada batangnya juga terdapat alat pembelit yangberfungsi untuk ‘membelit’ pohon rambatan sehingga mendukung tegaknya tanaman.Daunnya berbentuk jantung, berwarna hijau, dan permukaan daun yang bergelombang (tidak rata).Panjang daun antigonon antara 5-10 cm. Bunga majemuk yang tersusun pada malai dan tumbuh dariketiak daun. Mahkota bunga air mata pengantin terdiri atas 5 lembar berwarna merah jambu atauputih, yang masing-masing mempunyai panjang sekitar 7 mm. Bentuk tiga mahkota bunga terluarbulat telur atau menyerupai jantung, sedang bentuk dua mahkota yang lebih dalam lebih runcing.
Sebagai tanaman liana yang merambat, air mata pengantin sering ditemukan merambat pada pepohonan lainnya. Sedangkan jika dikembangkan sebagai tanaman hias di pekarangan maupun di taman, bunga ini dapat dirambatkan pada pagar maupun media rambat lainnya. Tanaman berbunga ini pernah menjadi tanaman favorit untuk dirambatkan pada pergola sehingga sekaligus berfungsi sebagai peneduh.

Manfaat Air Mata Pengantin

  1. Antidiabetes
  2. Antitrombin
  3. Hepatoprotektif untuk melindungi kerusakan hati

Habitat

Meskipun bukan tanaman asli Indonesia, bunga air mata pengantin (Antigonon) mudah ditemukan di Indonesia. Antigonon adalah nama genus dari famili Polygonaceae yang terdiri atas tiga spesies. Nama latin bunga tersebut masing-masing adalah Antigonon flavescens, A. guatemalense, dan A. leptopus. Antigonon berasal dari Meksiko dan telah diintroduksi ke pelbagai penjuru di benua Amerika, Asia Tenggara, dan India. Masuk ke Indonesia dibawa oleh pemerintah Belanda dan dijadikan tanaman hias di taman dan pekarangan.

Syarat Iklim

Bunga mata air pengantin dapat tumbuh dengan baik dengan kondisi terkena sinar matahari penuh dan langsung atau juga pada tempat yang sedikit ternaungi. Tempat yang cocok untuk pertanaman bunga ini aalah antara ketinggian 1- 1800 m diatas permukaan laut. Air mata pengantin tidak membutuhkan perawatan yang cukup baik. Cukup memilihkan media tanam yang subur, gembur, dan memiliki drainase yang baik bunga air mata pengantin dapat tumbuh dengan baik. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, bunga air mata pengantin dapat disiram dan dipupuk secara teratur.

Fungsi

Nektar    

Katagori

Paraneal

Klasifikasi Ilmiah Air Mata Pengantin

Kerajaan : Plantae     
Divisi :  Magnoliophyta    
Kelas :  Magnoliopsida
Ordo : Caryophyllales     
Famili :  Polygonaceae
Genus :  Antigonon
Spesies : Antigonon leptopus Hook & Arn  

 

Author

Admin NUS