https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal Kupu-kupu Daun Musim Gugur (Doleschallia Bisaltide)

Selasa, 17 November 2020

Nama Hewan: Kupu-kupu Daun Musim Gugur

Nama ilmiah: Doleschallia bisaltide



Deskripsi Doleschallia bisaltide

Doleschallia bisaltide adalah nama ilmiah untuk kupu-kupu daun musim gugur. Kupu - kupu ini merupakan bagian dari keluarga nymphalid yang ditemukan di Asia Selatan , Asia Tenggara , dan Australia. Di Australia juga dikenal sebagai sayap daun .

Mereka dicirikan dengan memiliki puncak yang diproduksi, dan hw tornus diperpanjang untuk membentuk ekor pendek. Bentuk yang dihasilkan, bersama dengan pewarnaan daun mati yang samar memiliki kemiripan yang luar biasa dengan daun mati yang gugur, lengkap dengan "pelepah", dan tanda yang menyerupai bercak jamur dan daun kering..

Kupu-kupu Daun musim gugur hidup di India, Sri Lanka, Myanmar, Thailand, Malaysia Barat, Sumatera, Kalimantan, Palawan, Sulawesi dan Australia.

Manfaat Kupu-kupu 

Kupu-kupu berperan dalam ekosistem lingkungan, yaitu sebagai hewan penyerbuk tanaman atau biasa disebut sebagai hewan polinator.

Kupu-kupu juga berperan sebagai bio infikator lingkungan. Kupu-kupu dengan warna cerah mengindikasikan jika lingkungan tersebut asri, sedangkan kupu-kupu dengan warna gelap mengindikasikan jika lingkungan tersebut tercemar.

Habitat Doleschallia bisaltide

Spesies ini berkembang biak di hutan hujan primer dan sekunder pada ketinggian antara 0-1400m.

Cara Berkembang biak Kupu-kupu

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. kupu-kupu melewati daur hidup yang dikenal metamorfosis atau perubahan bentuk lengkap. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, ulat, kepompong, dan imago. 

Jenis Makanan Doleschallia bisaltide

Pada dasarnya kupu-kupu hanya meminum nutrisi dari berbagai sumber. Kupu-kupu menggunakan organ yang mirip belalai  di mulutnya yang disebut degan proboscis untuk menghisap makanannya. Pakan kupu-kupu adalah sebuk sari dan nektar, buah busuk, kotoran hewan, mineral dan keringat.

Tanaman inang fase ulat Doleschallia Bisaltide antara lain Artocarpus (nangka), Pseuderanthemum, Calycanthus, Asystasia gangetica dan Graptophyllum (Acanthaceae).

Katagori

Kupu-kupu

Klasifikasi Ilmiah Doleschallia bisaltide

Kerajaan : Animalia   

Filum : Arthropoda

Kelas : Insecta

Ordo : Lepidoptera

Famili : Nymphalidae

Genus : Doleschallia

Spesies : Doleschallia Bisaltide



Author

Admin NUS