https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Pendataan Tanaman Taman Kupu-Kupu Sukardi - 1

Senin, 17 Februari 2020
Minggu, 16 Februari 2020 dilakukan pendataan tanaman yang telah kami siapkan untuk mengisi ruang Taman Kupu-Kupu Sukardi. Perlu diketahui bahwa untuk melakukan penangkaran kupu-kupu seperti yang akan kami lakukan, maka perlu menyiapkan tanaman pengundang kupu-kupu. 

Menurut National Geographic, Dasar dari mengundang kupu-kupu ke dalam taman adalah mengetahui keperluan utama kupu-kupu dalam proses keberlangsungan proses hidupnya. Sebagai sumber makanan, kupu-kupu mencari dua hal dari sebuah tanaman, yaitu sebagai tanaman induk (inang) untuk masa menjadi ulat/caterpilar dan nektar/sari madu bunga pada masa dewasa. Untuk itu diperlukan pengetahuan jenis tanaman, mana yang dapat menjadi satu atau dua fungsi sekaligus.

Kami sendiri sudah melakukan riset kecil-kecilan mengenai kebutuhan tanaman yang akan kami tanam di Taman kupu-kupu Sukardi. Kami membagi tanaman menjadi 4 fungsi, yaitu; Inang, Nektar, Pelindung, dan Pendukung. Sampai tanggal 20 Februari 2020 setidaknya sudah ada delapan jenis tanaman yang sudah siap ditanam. 

Datanya adalah sebagai berikut:
No Nama Tanaman Nama Ilmiah Fungsi Jumlah stok
1 Jeruk Lemon  Citrus limon Inang 5
2 Jeruk Santang Citrus sp Inang 1
3 Bunga telang Clitoria ternatea Pendukung 2
4 Asoka Saraca Indica Inang dan Nektar 13
5 Kumis kucing Orthosiphon aristatus Nektar 9
6 Melati Jepang Pseuderanthemum Reticulatum Inang dan Nektar 10
7 Pisang-Pisangan Heliconia rostrata pendukung 22
8 Kembang sepatu Hibuscus spp. Inang dan Nektar 2
9 Airis kuning Neomarica longifolia pendukung 2
Total tamanan yang sudah siap instalasi adalah 66 pot. Kami masih akan menambahkan jumlah tanaman nektar seperti Cosmos, Kemuning, Marigold, Calendula. Untuk tanaman pelindung sendiri kami memilih tanaman perdu Karsen yang berbunga sepanjang tahun.

Pendataan Tanaman ini akan kami lakukan kembali tangga 1 Maret 2020. 

Author

Admin NUS